Web Science
1.1 Apa yang anda ketahui tentang Web Science!
Web Science terdiri atas kata “Web”
dan kata “Science”, dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Web
atau Website merupakan suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur
Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung
atau terkoneksi dengan jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online
yang menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web
merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam
jenis. Diantaranya berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi,
suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik web tersbut bersifat statis
maupun bersifat dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait
dimana masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman yang disebut dengan hyperlink.
Science adalah aktivitas pemecahan
masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang
dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian
tersebut.
Sedangkan yang dimaksud dengan Web
Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari
sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di
dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana
memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis.
Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang
banyak untuk membaca web tersebut. Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan
dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan
bidang pendidikan.
1.2 Jelaskan tentang sejarah Web Science!
Sejarah Web bermula di European
Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota
Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang
didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti
lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di
Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia
saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam
bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan
berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang
mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan
navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk
komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang
bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows.
Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National
Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan
beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang
berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja,
Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di
Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer
berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan
beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang
berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja,
Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di
Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer
berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen
meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari
Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini
menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini
Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari
Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT
mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang
bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu
browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir
tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan
diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta
pemakai diseluruh dunia.
Pre Web :
Pre-web adalah era dimana prototype
seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi
menjadi internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama
kalinya ke publik sampai saat ini.
§ The Memex (Memory Index)
The memex (sebuah singkatan dari
“memori” dan “index”) adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang
Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic ” As
We May Think “(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana
individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan
komunikasi, “mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan
fleksibilitas.” The memex akan memberikan “suplemen intim yang diperbesar ke
memori seseorang”. Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem
(akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web) dan basis pengetahuan personal
software.
§ HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup
yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi
di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang
ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang
terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak
pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home
page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya
banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML
(Standard Generalized Markup Language). HTML adalah sebuah standar yang
digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan
standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World
Wide Web Consortium (W3C).
§ Internet
Internet (kependekan dari
interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh
jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol
Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala
Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara
global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol). Rangkaian jaringan internet yang terbesar
dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan
Internetworking.
§ Usenet
Singkatan dari user network,
merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya
didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke
University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari
USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer
yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai
macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
§ FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol
Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini
untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas
komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi
yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara
server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas
sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.
Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus
transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta
mengunduh berkas dari server FTP.
§ Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi
TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher
disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi
akhirnya gagal mencapai popularitas.
Gopher adalah program berbasis teks
yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server
gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat
lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang
menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara
mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke
sebuah informasi tertentu. Pojok Pedia Layanan ini menggunakan FTP untuk
pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gopher yang memiliki sistem berbasis
menu paling dasar ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan antara
file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti
direktori berseri di seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut
berlokasi di komputer lain.
Gopher menyediakan akses ke dokumen
teks, grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah
dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat
dilihat dengan program lain.
Gopher juga memungkinkan akses ke
beberapa fasilitas lain yang ada di internet seperti Telnet untuk melakukan
hubungan komunikasi jarak jauh.
Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah
user tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses.
Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat
mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan
otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan
hirarki.
1.3 Apa perbedaan Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0 serta berikan contohnya!
§ Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif. Sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan
beragam web browser, serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai
penyedia informasi. Pada tingkat ini web masih bersifat read-only.
Contoh dari jenis web ini, biasanya
masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.
§ Web 2.0
Istilah Web 2.0 pertama kalinya
diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi
kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online.
Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0
adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai kebearhasilan pada platform baru tersebut. Web
2.0 mulai menjadi trend pada tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read-only
menjadi read-write. Aplikasi berbasis Web semakin banyak diterapkan.
Contoh dari jenis web ini, seperti
Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif
social network.
§ Web 3.0
Definisi untuk Web 3.0 merupakan
rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan
pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar
manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat beragam
mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web
berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John
Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang
efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data
online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya
Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web
yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan
digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Teknologi Web 3.0 atau Web
Semantik ini secara teknik dalam pencarian di mesin pencari akan mencari hasil
yang dicari. Sebagai contoh, di dalam web 2.0 jika ingin mencari informasi di
mesin pencari dengan keyword “Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia”
maka hasil yang dikeluarkan adalah web dengan informasi yang mengandung keyword
“Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia“, sedangkan di Web 3.0 ini nanti
hasil yang ditampilkan adalah berupa hasil yang dicarinya yaitu “17 Agustus
1945“. Semantic web mempunyai kelebihan mampu untuk membuat aplikasi komputer
yang dapat memahami bahasa manusia, bukan bahasa yang baku dari para penguna
tetapi juga bahasa yang lebih kompleks. Jadi bahasa yang digunakan tidak lagi
bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari ,
sehingga dapat mempermudah interaksi dan komunikasi dengan mesin atau komputer.
Tidak seperti web 2.0 yang terasa sulit untuk melakukan hal-hal diatas, mungkin
web 3.0 merupakan sebuah terobosan dalam dunia web untuk mempermudah semua
aktivitas.
1.4 Sebutkan dan jelaskan metodologi Web Science beserta contohnya!
Web Science merupakan kajian sains
dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar
adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau
engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan
domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung
saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph
pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai
contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman
(.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model
analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan
determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh
perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Comments
Post a Comment