Ekonomi Web dan Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web
4.1 Apa yang
anda ketahui tentang Ekonomi Web dan berikan contoh!
Ekonomi
Web adalah ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang
berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa
yang berbasis Web.
Contoh
ekonomi web : Pertumbuhan ekonomi yang disediakan menggunakan web.
4.2 Sebutkan
dan Jelaskan dampak ekonomi dari pengaruh web!
§ Iklan
Iklan
adalah komunikasi non-personal informasi biasanya dibayar dan biasanya
persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi
melalui berbagai media. Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang
ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai. Iklan adalah informasi yang
isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang
atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak
orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti
kran dan majalah atau di tempat-tempat umum.
Beberapa
dampak dalam bidang ekonomi dari periklanan antara lain :
− Dampak terhadap produk
Kepercayaan
terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya
harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen.
− Dampak terhadap Media
Media
akan mendapat keuntungan, karena pengiklan (melalui biro iklan) memesan ruang
dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan
tentang produknya.
− Dampak terhadap Perusahaan
Dengan
periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara bekerjanya,
kemajuan managemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik kesuksesan,
perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan.
− Dampak terhadap para pesaing
Dengan
adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan berusaha
memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.
− Dampak terhadap Konsumen
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih
banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi.
− Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat
Iklan mengakibatkan terbentuknya
suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas
jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.
− Dampak kepentingan Produksi Massal
− Dampak Terhadap Nilai suatu Produk
Periklanan
mempunyai dampak terhadap nilai suatu produk karena :
a. Periklanan dapat memperlihatkan penggunaan
suatu produk tertentu.
b. Periklanan dapat menambah nilai yang lebih
positif.
c. Menambah nilai ekonomi untuk barang maupun
jasa tertentu dalam pandangan konsumen.
− Dampak pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka
dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media.
§ Penjualan
Online
Penjualan
online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai
menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang
didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan
internet.
Pengaruhnya :
− Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan
jasa secara online sehingga tidak ada hambatan sekalipun jarak itu antar
negara.
− Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual
barang dan jasa via online.
− Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri
baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
§ Pemasaran
Online
Pengertian
pemasaran online dengan kata yang cukup mudah, adalah strategi atau metode
untuk mengenalkan konsumen/publik dengan brand/produk/jasa sebuah
perusahaan/bisnis. Pemasaran online atau disebut juga sebagai internet
marketing atau sebagian orang menyebutnya iklan online. Dalam hal ini medium
yang kita pakai adalah internet. Hal yang paling sederhana yang harus diingat
adalah, bagaimana berinovasi terus menerus agar produk/jasa anda dapat lebih
mudah ditemukan di internet.
§ Pencarian
Mungkin
yang dimaksud disini adalah sikap pencarian dalam hal teknologi seperti
perilaku sosial dalam dunia maya.
§ Perilaku
Pencarian
Ketika
situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna.
Termasuk pola pencarian dalam rangka mendapatkan
pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs. Dengan
adanya IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web
tersebut menarik perhatian masyarakat, contohnya seseorang yang sering
mengakakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena
tergiur oleh harga yang lebih murah.
§ Web
mempengaruhi perilaku sosial
Ada
dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak
Positif :
− Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
− Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu
− Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi online pun dapat
dilakukan.
Dampak
Negatif :
− Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
− Adanya plagiatisme
− Munculnya pencurian/hack
− Munculnya banyak konten-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil
dapat merusak mental
− Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
§ Lelang
Online
Harga
yang ditawarkan dalam hal ini justru semakin naik, yang ditawarkan oleh
calon-calon pembeli yang berminat terhadap barang tersebut. Lelang bisa
digunakan sebagai sebuah bisnis.
Keuntungan-keuntungan lelang online antara lain sebagai berikut :
− Tidak Terbatas oleh Waktu
Dengan
lelang online, Anda dapat melakukan penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari
dan 7 hari seminggu.
− Tidak Terbatas oleh Tempat
Anda
tidak perlu melihat wajah saingan saingan yang ikut menawar item favorit Anda,
karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua yang berbeda, tentunya
selama tempat tersebut terjangkau Internet.
− Jumlah Penawar yang Besar
Lelang
online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua manusia di dunia
berpartisipasi.
− Jumlah Penjual yang Besar
Dengan
adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga memicu penjual untuk memasang
barangnya, tentunya ini harus didukung oleh kemudahan-kemudahan yang disediakan
pada website yang bersangkutan.
− Jaringan Ekonomi
Hal
ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan
sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.
Keterbatasan lelang online yang perlu Anda pahami antara lain :
− Kemungkinan penipuan
− Partisipasi terbatas
− Keamanan
− Perangkat lunak lelang
− Waktu siklus yang lama
− Waktu pemantauan
− Peralatan untuk pembeli
− Memesan biaya pemenuhan
Comments
Post a Comment